Home » , » Skripsi Penerapan Hukum Pidana Terhadap Pencurian Dalam Keluarga (Kajian Dari Aspek Hukum Pidana Dan Kriminologi Dalam Kasus No.490/Pid.B/2005/PN. Bekasi )

Skripsi Penerapan Hukum Pidana Terhadap Pencurian Dalam Keluarga (Kajian Dari Aspek Hukum Pidana Dan Kriminologi Dalam Kasus No.490/Pid.B/2005/PN. Bekasi )

Written By Unknown on Sunday 3 February 2013 | 20:59

Penelitian ini mengkaji dan menjawab permasalahan mengenai bagaimana pengaturan dan penerapan hukum pidana tehadap pencurian dalam keluarga, apa yang menjadi penyebab terjadinya pencurian dalam keluarga, dan bagaimana penanggulangan pencurian dalam keluarga. Dalam penulisan ini menggunakan data sekunder, data sekunder diperoleh dengan jalan studi kepustakaan. Data sekunder yang dipakai meliputi bahan hukum primer yaitu Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana, Kitab Undang-undang Hukum Pidana dan undang-undang lain yang berhubungan dengan materi skripsi ini. Bahan hukum sekunder adalah buku-buku refrensi dan Putusan Pengadilan Negeri, khususnya mengenai pencurian dalam keluarga. Pencurian dalam keluarga delik aduan relatif yang diatur dalam Pasal 367 KUHP. Penyelidikan dan penyidikan dilakukan oleh Polri serta penuntutan dilakukan oleh penuntut umum. Pencabutan pengaduan tidak ada akibat hukumnya pada pemeriksaan di muka pengadilan Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pencurian dalam keluarga ialah karena faktor intern berupa ketidakseimbangan mental, kurang harmonisnya keluarga, rasa ingn memiliki, dan mudah dipengaruhi,sedangkan faktor ekstern dapat berupa keadaan ekonomi, keadaan lingkungan, dampak urbanisasi dan lain-lain. Penganggulangan yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya pencurian dalam keluarga adalah dengan upaya penanggulangan secara preventif dan represif, antara lain dengan cara bergabung dengan organisasi yang baik seperti karang taruna, pramuka, masuk ke pesantren kilat, mengadukan pelaku tindak pidana kepada yang berwenang agar memberikan efek jera kepada pelaku tindak pidana dan memberikan rasa takut kepada orang yang mempunyai potensi untuk melakukan kejahatan.


Download link full
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Fun Page

 
Support : Bisnis Online Mahasiswa | Muslim Yes | Download Skripsi
Copyright © 2013. Download Bank Skripsi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger