Home » , » tindak penerapan pendekatan pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII/A SMP Yayasan Mesjid Khadijah Makassar

tindak penerapan pendekatan pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII/A SMP Yayasan Mesjid Khadijah Makassar

Written By Skripsi ku on Saturday, 5 October 2013 | 20:10

 Proposal: tindak penerapan pendekatan pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII/A SMP Yayasan Mesjid Khadijah Makassar
Bab 1-3 >> OK lengkap.



Peningkatan mutu pendidikan dewasa ini merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat ditunda-tunda lagi, sebab keberhasilan pembangunan suatu bangsa ditentukan terutama oleh keberadaan sumber daya manusia yang berkualitas, yang hanya dapat dihasilkan lewat pendidikan yang berkualitas pula.
Peningkatan kualitas pendidikan diarahkan untuk memacu penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan matematika antara lain berfungsi untuk menumbuhkan penalaran, sikap kritis dan logis yang berperan sangat penting dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Mengingat peranan matematika yang demikian penting, penguasaan dan peningkatan pembelajaran matematika sangat dituntut bagi siswa pada masing-masing jenjang pendidikan.
Sementara itu sering terdengar akan rendahnya kualitas hasil pendidikan, khususnya mata pelajaran matematika yang dinilai bahwa penguasaan konsep yang masih rendah. Menyimak hal itu disesuaikan dengan kondisi yang ada di lapangan dapat diasumsikan bahwa mutu pelajaran matematika belum sesuai dengan apa yang diharapkan.
Rendahnya hasil belajar matematika tersebut sangat dipengaruhi oleh penyajian guru di kelas, penyajian materi yang monoton dan kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran menyebabkan gairah belajar siswa rendah dalam kegiatan pembelajaran, siswa kurang mampu menginterpretasikan informasi materi, memilih urutan/langkah penyelesaian, pemrosesan perhitungan, komunikasi baik secara kelompok maupun sendiri.
Berdasarkan pengalaman penulis mengajarkan mata pelajaran matematika, maka salah satu upaya dalam menanggulangi permasalahan di atas adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan agar dapat membangkitkan motivasi dan melibatkan siswa dalam proses belajar matematika.
Pembelajaran yang menunjukkan kemampuan siswa untuk menyalurkan dan mengarahkan aktivitas kognitif, khususnya bila sedang belajar dan berpikir dalam memecahkan masalah dengan menggunakan konsep, kaidah dan prinsip. Bagi siswa yang mampu mengatur dan mengarahkan kegiatan kognitifnya sendiri akan lebih efektif dan efisien dalam menggunakan konsep, kaidah dan prinsip yang telah dimiliki untuk memecahkan masalah.
Oleh karena itu, penulis ingin mengkaji tindak penerapan pendekatan pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII/A SMP Yayasan Mesjid Khadijah Makassar.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Fun Page

 
Support : Bisnis Online Mahasiswa | Muslim Yes | Download Skripsi
Copyright © 2013. Download Bank Skripsi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger