Home » , , » Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Quantum Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Makassar

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Quantum Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Makassar

Written By Skripsi ku on Sunday, 6 October 2013 | 01:45

Skripsi: Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Quantum Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Makassar

 Bab 1-5 > Ok lengkap....

Bagi yang ingin pesan silahkan isi form pendaftaran/donasi.



Pendidikan sangatlah penting bagi kemajuan suatu negara. Maju mundurnya suatu negara sangat ditentukan oleh kemajuan dan manajemen pendidikan di negara tersebut. Setiap negara mempunyai cita-cita dan hal tersebut dimanifestasikan dalam bentuk tujuan pendidikannya. Cita-cita bangsa Indonesia adalah terbentuknya manusia Pancasila bagi seluruh warga negaranya. Tujuan pendidikannya telah disejajarkan dengan cita-cita tersebut. Semua instansi atau lembaga pendidikan harus mengarahkan segala kegiatan di sekolahnya bagi pencapaian tujuan itu. (Arikunto. S, 2002: 129) 
Dunia pendidikan saat ini sering dikritik oleh masyarakat yang disebabkan karena adanya sejumlah pelajar dan lulusan pendidikan tersebut yang menunjukkan sikap yang kurang terpuji. Banyak pelajar yang terlibat tawuran, melakukan tindakan kriminal, pencurian, penodongan, penyimpangan seksual, menyalahgunakan obat-obat terlarang dan lain sebagainya. Perbuatan tidak terpuji yang dilakukan oleh pelajar tersebut benar-benar telah meresahkan masyarakat dan merepotkan pihak aparat keamanan. Hal tersebut masih ditambah lagi dengan adanya peningkatan jumlah penganggur yang pada umumnya adalah tamatan pendidikan.  (Nata Abuddin, 2003: 45)
Tanggung jawab pendidik adalah membentuk peserta didik menjadi manusia kreatif, berdisiplin, bermotivasi tinggi, mandiri dan tegar menghadapi tantangan di era yang semakin kompetitif. Oleh karena itu, pelaksanaan pendidikan haruslah ditangani oleh orang yang benar-benar dipersiapkan untuk itu.
Manajemen pendidikan harus dibenahi, profesionalisme guru perlu ditingkatkan dan mental serta moral anak didik mutlak harus dibina. Untuk mencapai hal tersebut, peran guru sangat diperlukan. Guru bertanggung jawab untuk mendidik dan membimbing muridnya. Karena itu, guru harus memiliki sejumlah pengetahuan, keterampilan, dan kecakapan dasar dalam melaksanakan tugasnya.
Tak dapat dipungkiri sebagai sebuah kenyataan di lapangan sebagai fakta sejarah, kebijakan pendidikan nasional yang kita miliki adalah adanya pesan atau perintah Undang-Undang Dasar untuk “mencerdaskan kehidupan bangsa”. Berlandaskan dari pesan ini, sejak proklamasi kemerdekaan hingga waktu sekarang, tentu saja sudah banyak hal yang telah dilakukan pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Disemua periode pemerintahan dan menteri pendidikan selalu dicanangkan program-program peningkatan pendidikan nasional dan selalu berupaya memanfaatkan secara kreatif informasi-informasi mutakhir yang tertangkap pada periode masing-masing.
Upaya untuk memperbaiki mengenai rendahnya hasil belajar matematika di SMA telah dilakukan oleh pemerintah, seperti penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku paket, peningkatan pengetahuan dan wawasan guru melalui penataran, baik secara regional maupun nasional. Selain itu, telah dilakukan berbagai penelitian terhadap faktor-faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar matematika masih jauh dari yang diharapkan.
Akhir-akhir ini, penelitian tindakan yang berhubungan dengan pendidikan dan bertujuan untuk memperbaiki/meningkatkan cara pengajaran guru di kelas dikenal dengan penelitian tindakan kelas dan mulai berkembang pesat, terutama di negara-negara maju, seperti Amerika, Inggris, dan Australia, serta di Indonesia sendiri mulai diperkenalkan pada tahun 1990-an (Tim Pelatih Lemlit UNM, 2003: 2). Guru dalam melaksanakan penelitian kelas pada dasarnya memperluas peran guru termasuk didalamnya refleksi kritis terhadap tugas profesionalnya. Dengan demikian, guru yang melakukan penelitian di dalam kelas atau menyangkut praktek pembelajaran, guru dapat meningkatkan tanggungjawabnya terhadap praktek yang mereka lakukan, dan menciptakan lingkungan yang lebih dinamis dan menarik dalam praktek pembelajaran. (Tim Pelatih Lemlit UNM, 2003: 3)
Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Dalam interaksi tersebut banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, baik faktor internal yang datang dari dalam diri individu, maupun faktor eksternal yang datang dari lingkungan. Dalam pembelajaran, tugas guru yang paling utama adalah mengkondisikan lingkungan agar menunjang terjadinya perubahan perilaku bagi peserta didik. (Mulyasa, 2002: 100)
Proses pembelajaran pada hakekatnya untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas peserta didik, melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar. Namun dalam pelaksanaannya sering kali kita tidak sadar, bahwa masih banyak kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan justru menghambat aktivitas dan kreativitas peserta didik. (Mulyasa, 2002: 105)
Quantum Learning berakar dari upaya Dr. Georgi Lozanov, seorang pendidik berkebangsaan Bulgaria yang bereksperimen dengan apa yang disebutnya sebagai “suggestology” atau “suggestopedia”. Prinsipnya adalah bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil situasi belajar, dan setiap detail apapun memberikan sugesti positif atau negatif. Beberapa teknik yang digunakannya untuk memberikan sugesti positif adalah mendudukkan murid secara nyaman, memasang musik latar di dalam kelas, meningkatkan partisipasi individu, menggunakan poster-poster untuk memberi kesan besar sambil menonjolkan informasi, dan menyediakan guru-guru yang terlatih baik dalam segi pengajaran sugestif. (DePorter, 2002: 14)
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis termotivasi meneliti masalah tersebut sebagai tugas akhir dengan judul : “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Quantum Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Makassar”.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Fun Page

 
Support : Bisnis Online Mahasiswa | Muslim Yes | Download Skripsi
Copyright © 2013. Download Bank Skripsi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger