Home » , , » Meningkatkan Ketuntasan Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas VA SD Negeri Pai Makassar

Meningkatkan Ketuntasan Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas VA SD Negeri Pai Makassar

Written By Skripsi ku on Sunday, 6 October 2013 | 01:30

skripsi: Meningkatkan Ketuntasan Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas VA SD Negeri Pai Makassar
Bab 1-5 > Ok lengkap....

Bagi yang ingin pesan silahkan isi form pendaftaran/donasi.

Tujuan membentuk negara kesatuan RI adalah mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Bangsa yang cerdas adalah bangsa yang survive didalam menghadapi berbagai tantangan, gejolak dan kesulitan. Kenyataan yang kita hadapi saat ini adalah bersiap-siap untuk memasuki era perdagangan bebas dimana nantinya akan terjadi pergerakan tenaga kerja secara bebas (free moment of people) antar negara. Saat ini di dalam WTO (World Trade Organization) telah diatur berbagai profesi yang bebas terbuka untuk semua negara dan pada tahun 2020 nanti seluruh standar profesi diharapkan sudah dapat diterapkan, dengan demikian kompetisi atau persaingan akan semakin terbuka di dunia. Untuk menghadapi hal ini maka kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) harus lebih ditingkatkan utamanya dalam mengembangkan intelektual secara maksimal guna menghadapi masalah-masalah yang ditimbulkan oleh kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).
Matematika sebagai ilmu dasar merupakan salah satu mata pelajaran yang memegang peranan penting pada setiap jenjang pendidikan dalam upaya penguasaan IPTEK. Hal ini disebabkan karena matematika merupakan ilmu dasar, penata nalar dan pembentuk sikap peserta didik.
Untuk menunjang keberhasilan penguasaan IPTEK, peranan matematika menjadi sentral. Hal ini dapat dilihat dari kenyataan bahwa logika berpangkal pada matematika, selain merupakan dasar dan pangkal tolak penemuan dan pengembangan ilmu-ilmu lain juga merupakan landasan yang kuat bagi pengembangan IPTEK dalam usaha peningkatan kesejahteraan umat manusia. Amiruddin Maula (Basitung dalam Handayani, 2004: 2), menyatakan bahwa pemerintah menempatkan matematika sebagai ilmu dasar sejalan dengan fungsinya yaitu:
a.    Sebagai alat yang dapat digunakan dalam berbagai bidang ilmu dan kehidupan.
b.    Mengembangkan pola pikir yang dapat memperjelas permasalahan melalui abstraksi generalisasi yang mengarah kepada objektivitas dan efisiensi yang tinggi.
c.    Sebagai ilmu pengetahuan yang dapat dikembangkan.
Berdasarkan hal tersebut, telah dilakukan berbagai upaya guna meningkatkan hasil belajar matematika. Usaha-usaha perbaikan terus dilakukan dan diharapkan akan selalu ditingkatkan, dan jangkauannya pun diperluas dan mencakup sasaran yang lebih besar sepeti peningkatan berpikir matematis, pemahaman soal cerita matematika, pengetahuan penyelesaian masalah matematika, dan perbaikan cara belajar matematika.
Tetapi pada kenyataannya hasil belajar matematika siswa masih kurang memuaskan. Rendahnya hasil belajar matematika siswa ini disebabkan karena belajar matematika siswa belum bermakna sehingga pengertian siswa tentang konsep yang bersifat abstrak sangat lemah. Jenning Dunne (Syahriyanti: 2004: 2) mengatakan bahwa kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam menerapkan matematika kedalam dunia nyata (real). Hal lain yang menyebabkan sulitnya matematika bagi sswa adalah karena pembelajaran matematika yang kurang bermakna. Dimana guru dalam melakukan pembelajaran di kelas tidak mengaitkan dengan skema yang telah dimiliki siswa dan siswa kurang diberi kesempatan untuk menemukan kembali dan mengkontruksi sendiri ide-ide matematika.
Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan guru kelas bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa pada Siswa Kelas VA SD Negeri Pai Makassar masih rendah hal ini disebabkan karena kebanyakan siswa hanya menghafal materi pelajaran yang telah diperolehnya sehingga mereka cepat lupa akan apa yang telah dipelajari sebelumnya. Menurut Van de Henvel Panhuizen (Suharta,2004: 1), bila anak belajar matematika terpisah dari pengalaman mereka sehari-hari maka anak akan cepat lupa dan tidak dapat mengaplikasikan matematika. Salah satu pembelajaran matematika yang berorientasi pada matematisasi pengalaman sehari-hari dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah pembelajaran matematika realistik.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis memilih judul penelitian yaitu “Meningkatkan Ketuntasan Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas VA SD Negeri Pai Makassar”
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Fun Page

 
Support : Bisnis Online Mahasiswa | Muslim Yes | Download Skripsi
Copyright © 2013. Download Bank Skripsi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger