Home » , » Analis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olah Raga Kabupaten Luwu Propinsi Sulawesi Selatan

Analis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olah Raga Kabupaten Luwu Propinsi Sulawesi Selatan

Written By Skripsi ku on Saturday, 5 October 2013 | 19:54


Contoh skripsi: ANALIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAH RAGA KABUPATEN LUWU PROPINSI SULAWESI SELATAN

 Bab I
Dalam era pemerintahan reformasi saat ini sistim birokrasi yang diterapkan masih mirip ketika pemerintahan orde baru masih berkuasa, misalnya sistim pemerintahan sentralisasi oleh pihak pemerintah pusat yang selalu berusaha keras untuk menguasai semua level / tingkatan.
Dengan alasan/pertimbangan efektivitas pembangunan, pemerintah pusat mengendalikan semua aktivitas di setiap propinsi dan Kota. Tugas Pemerintah Daerah hanya melaksanakau apa yang telah ditetapkan serta arahan yang telah diberikan oleh Pemerintah Pusat.
Sistim birokrasi yang demikian mi menjadikan Pemerintah Daerah menjadi pelayan dan kebijakan Pemerrntah Pusat yang berakibat path ketidakpedulian terhadap aspirasi yang berkembang di masyarakat serta kebutuhan Pemerintah Daerah. Kondisi sistim birokrasi yang sentralistik dan pengendalian oleh Pemerintah Pusat atas keseluruhan kegiatan Pemerintah Daerah, berakibat pada pembangunan yang tidak merata dan berpengaruh langsung terhadap pertumbuhan ekonorni yang kurang sehat.
Situasi yang demikian mi mendorong Pemerintah Daerah agar Pemerintah Pusat memberi wewenang penuh kepada Kepala Daerah maupun DPRD dalam melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing. Untuk mendukung hal tersebut maka dibuatlah Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 yaitu mengenai Otonomi Daerah (Otoda) menggantikan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1974.
 Dalam penataan administrasi pemerintahan yang ideal maka dituntut bagi para level pimpinan untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja dan Kualitas pnbadi pemimpin sebagian sangat bergantung pada faktor keturunan dan merupakan disposisi psikofisik / jasmani - rohani yang herediter sifatnya, yaitu berupa: intelegensi, energi, kekualan tubuh, kelenturan mental, dan keteguhan moral. Dan sebagian lagi dipengaruhi oleh lingkungan sosio-kultural dan kondisi zamannya. Sehingga pimpinan itu adalah produk interaksi antara sifat-sifat karakteristik individual dengan tempaan dan tuntutan situasi zaman, namun kepemimpinan merupakan fenomena kompleks sehingga efektivitas kepemimpinan memerlukan proses yang terencana, teratur berkelanjutan dan berkesinambungan yang hams ditanamkan dan dibina sepanjang masa. Oleh sebab itu titik sentral bagi sebuah organisasi adalah unsur kepemimpinan yang ada di dalamnya.
Indikator keberhasilan seorang pemimpin adalah keberhasilan para pegawainya dalam menyelesaikan tugas dan melaksanakan tanggung jawab yang diberikan, dan hal mi tidak bisa dipisahkan dengan motivasi yang telah diberikan kepada para pegawai, tentunya sebagian besar memotivasi untuk bekeija lebth produktif terletak pada din pegawai itu sendin, namun tidak terlepas pula dan pengaruh pimpinannya, dimana pemimpin yang berhasil membenkan contoh akan menciptakan suatu keadaan yang menggerakkan perilaku pegawai ke tujuan yang dapat memberikan pemenuhan kebutuhan dan kepuasannya.
Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Luwu sebagai pusat dan kegiatan administrasi pemerintah Kota tentunya harus didukung oleh sumber daya manusia yang handal di bidangnya dan mampu menciptakan budaya kerja yang kondusif agar setiap personil dapat menerjemahkan dengan baik apa yang harus dikerjakan dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.
Untuk menciptakan budaya kerja dalam kaitannya dengan peningkatan kinerja pegawai dalam Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Luwu tentunya membutuhkan figur pemimpin yang dapat mengerti dan memahami gaya kepemimpinan yang dapat diterapkan para staf sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi.
Penilaian kinerja terhadap personal dan organisasi secara keseluruhan, merupakan hal yang harus dilakukan untuk mengetahui sudah seberapa besar yang telah dicapai dan bagaimana kebutuhan dan organisasi dan pihak-pihak yang berkepentingan diluar organisasi baik langsung maupun tidak langsung. Melalui penilaian kinerja organisasi akan dapat mengetahui apakah kinerja personal dalarn organisasi sudah sesuai dengan yang diharapkan atau masih membutuhkan bantuan dan pihak luar sambil memperbaiki atau meningkatkan kinerja personal dalam organisasi, sehingga apa yang diinginkan dapat dipenuhi.
Gaya kepemimpinan dalam organisasi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Luwu akan menjadi penentu terhadap peningkatan kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Luwu, untuk mengetahui sejauh mana kemampuan atau seberapa besar kemampuan dan pegawai Dinas  Pendidikan, Pernuda dan Olah Raga Kabupaten Luwu dalam melakukan tugas yang diembankan kepada setiap pegawai atau pegawal sec&a keseluruhan.


 
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Fun Page

 
Support : Bisnis Online Mahasiswa | Muslim Yes | Download Skripsi
Copyright © 2013. Download Bank Skripsi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger