Home » , » Implementasi Assesmen Portofolio untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas I Tekstil SMK Negeri 2 Somba Opu Sungguminasa

Implementasi Assesmen Portofolio untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas I Tekstil SMK Negeri 2 Somba Opu Sungguminasa

Written By Unknown on Saturday 5 October 2013 | 20:02

 Skripsi: Implementasi Assesmen Portofolio untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas I Tekstil SMK Negeri 2 Somba Opu Sungguminasa.


Nurwati Bani, 2005. Implementasi Assesmen Portofolio untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas I Tekstil SMK Negeri 2 Somba Opu Sungguminasa. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran dan mendeskripsikan  perubahan sikap serta kemajuan  kemampuan siswa  melalui penerapan assesmen portofolio. Subjek penelitian adalah siswa kelas I Tekstil SMK Negeri 2 Somba Opu Sungguminasa tahun pelajaran 2004/2005 sebanyak 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, portofolio, dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang dicapai setelah menerapkan assesmen portofolio yaitu : (1) siklus I diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,4 dari skor ideal 10 dengan standar deviasi 1,3 sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata  hasil belajar siswa sebesar 6,7 dari skor ideal 10 dengan standar deviasi 1,2; (2) skor rata-rata hasil portofolio sebesar 7,1 dari skor ideal 10 dengan standar deviasi 1,0; (3) terjadi perubahan sikap siswa. (4) terjadi kemajuan tingkat kemampuan siswa. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan assesmen portofolio dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran matematika siswa kelas I Tekstil SMK Negeri 2 Somba Opu Sungguminasa.


Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Fun Page

 
Support : Bisnis Online Mahasiswa | Muslim Yes | Download Skripsi
Copyright © 2013. Download Bank Skripsi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger