Home » , , » Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Assesmen Portofolio pada Siswa Kelas I4 Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Makassar

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Assesmen Portofolio pada Siswa Kelas I4 Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Makassar

Written By Skripsi ku on Sunday, 6 October 2013 | 01:53

Skripsi: Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Assesmen Portofolio pada Siswa Kelas I4 Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Makassar
 Bab 1-5 > Ok lengkap....

Bagi yang ingin pesan silahkan isi form pendaftaran/donasi.


Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kepribadian, peradaban dan kemajuan bangsa untuk masa yang akan datang. Namun dalam pelaksanaannya pendidikan selalu menghadapi tantangan, misalnya masalah kualitas, relevansi, pemerataan dan sebagainya. Masalah mutu pendidikan adalah salah satu tantangan dalam bidang pendidikan. Mendidik anak dalam kualitas besar sambil terus mempertahankan mutu pendidikan yang tinggi, bukanlah suatu tugas yang mudah. Mutu itu perlu juga ditingkatkan dari waktu kewaktu secara teratur dan berkesinambungan. Jadi untuk membebaskan masalah-masalah tersebut, diperlukan tindakan nyata yang konprehensip dan terpadu.
Oleh karena itu, Departemen Pendidikan Nasional melakukan terobosan-terobosan baru di bidang pendidikan guna mengadakan peningkatan mutu pendidikan. Salah satu kinerja dari Departemen Pendidikan Nasional yaitu dengan senantiasa mengubah kurikulum yang dianggap sebagai salah satu faktor penghambat perkembangan pendidikan di Indonesia dari setiap periode.
Matematika merupakan pelajaran yang saat sekarang ini masih dianggap sulit yang menjadi momok di sekolah. Pandangan yang demikian menyebabkan sebagian besar siswa tidak atau kurang  berminat terhadap pelajaran matematika yang akhirnya berimplikasi pada rendahnya hasil belajar matematika maka hampir disetiap sekolah pada akhir tahun pelajaran, matematika tidak pernah menunjukkan nilai rata-rata tertinggi yang diperoleh oleh siswa.
Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Nasional dijelaskan bahwa tujuan umum pendidikan matematika adalah agar siswa memiliki:
1)    Kemampuan yang berkaitan dengan matematika yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah matematika, pelajaran lain, ataupun masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata,
2)    Kemampuan menggunakan matematika sebagai alat komunikasi,
3)    Kemampuan menggunakan matematika sebagai cara bernalar yang dapat dialihgunakan pada setiap keadaan, seperti berfikir kritis, berfikir logis, berfikir sistematis, bersifat objektif, bersifat jujur, bersifat disiplin dalam memandang dan menyelesaikan masalah matematika.
Tujuan umum pendidikan matematika di atas dapat dipandang sebagai tujuan  matematika. Tujuan ini diharapkan dapat dicapai melalui pencapaian tujuan konten matematika. Sejalan dengan itu, Soedjadi (2000: 31) menjelaskan bahwa tujuan pendidikan matematika untuk masa depan haruslah memperhatikan:
1)    Tujuan yang bersifat formal yaitu penataan nalar serta pembentukan pribadi anak didik, dan
2)    Tujuan yang bersifat material, yaitu penerapan matematika serta keterampilan matematika.
Untuk mencapai tujuan pendidikan matematika di atas, maka sudah saatnya seorang guru bekerja dengan menyadari mengajar matematika tidak sekedar mengarahkan siswa berfikir tentang apa yang dipelajarinya dan menerapkan metode mengajar yang dipilih, tetapi harus melihat dan mengamati apa yang dipikirkan oleh siswa. Juga mengamati  yang bekembang  dalam suatu diskusi terhadap materi matematika yang dipelajari siswa. Guru harus mencari cara agar siswa aktif mengkomunikasikan pengetahuan matematika yang dipilih. Oleh sebab itu, guru harus menggunakan alat untuk mengumpulkan informasi tentang performens siswa serta mengadakan penilaian secara rutin terhadap kemajuan yang diperoleh siswa. Untuk tujuan tersebut salah satu alat yang baik digunakan adalah portofolio matematika.
Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti diperoleh informasi bahwa masih terdapat guru di MTs Negeri Model Makassar dalam  pembelajaran masih memberlakukan kurikulum 1994, yang hanya memperhatikan target kurikulum dan kurang memperhatikan kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Namun pada obyek yang penulis teliti menurut guru bidang studi matematika pada kelas I4 MTs Negeri Model Makassar mengatakan bahwa telah menerapakan kurikulum 2004 walaupun diakui belum terlalu sistematis. Dalam artian kualitas  pembelajaran matematika pada siswa MTs Negeri Model Makassar kurang tercapai. Salah satu alternatif untuk menerapakan kurkulum 2004 sesuai dengan fungsinya dan untuk meningkatkan kemampuan meningkatkan kualitas  pembelajaran matematika siswa yaitu dengan menerapkan assesmen portofolio. Diharapkan dengan penerapan assesmen portofolio kualitas  pembelajaran matematika dapat ditingkatkan.
Dengan melihat pentingnya penerapan assesmen portofolio dalam pembelajaran matematika disekolah maka penulis tertarik mengangkat masalah penelitian dan akan dijadikan sebagai bahan tugas akhir. Adapaun judul tugas akhir tersebut adalah “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Assesmen Portofolio pada Siswa Kelas I4 Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Makassar”
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Fun Page

 
Support : Bisnis Online Mahasiswa | Muslim Yes | Download Skripsi
Copyright © 2013. Download Bank Skripsi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger