Home » , , » Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP LPP 1 UMI Makassar melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe JIGSAW

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP LPP 1 UMI Makassar melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe JIGSAW

Written By Unknown on Sunday 6 October 2013 | 01:49

Skripsi: Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa  SMP LPP 1 UMI Makassar melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe JIGSAW
 Bab 1-5 > Ok lengkap....

Bagi yang ingin pesan silahkan isi form pendaftaran/donasi.


Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan khususnya pendidikan dasar dan menengah. Untuk itu peningkatan mutu pendidikan nasional merupakan kebutuhan yang seharusnya menjadi prioritas utama dalam program pembangunan bangsa.
Fenomena rendahnya mutu pendidikan secara sistematis dapat ditelaah dari aspek input, proses, dan output. Perbaikan, pengembangan, dan inovasi pendidikan ketiga aspek tersebut membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas.
Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan faktor yang dapat mempercepat terjadinya proses perubahan dalam masyarakat dan mempengaruhi kehidupan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam usaha pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut, matematika yang merupakan salah satu bidang ilmu memegang peranan penting serta mempunyai andil yang sangat besar terhadap perkembangan ilmu-ilmu yang lain.
Mengingat pentingnya peranan matematika tersebut, maka hasil belajar matematika disekolah perlu mendapat perhatian yang sungguh-sungguh dari semua pihak yang terkait. Keberhasilan dalam proses belajar-mengajar matematika tidak terlepas dari kesiapan peserta didik dan kesiapan pengajar, peserta didik dituntut mempunyai minat terhadap pelajaran matematika demikian juga pengajar dituntut menguasai materi yang akan diajarkan serta mampu memilih metode pembelajaran yang tepat sehingga akan tercipta interaksi edukatif yang baik menuju kearah peningkatan hasil belajar matematika, karena hingga saat ini hasil belajar matematika dianggap masih rendah.
Salah satu variasi metode pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran yang bersifat konstruktivistik, dimana siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran dengan pendekatan konstruvistik adalah model pembelajaran kooperatif dengan beberapa model pendekatan seperti JIGSAW, STAD dan lain-lain. Model pembelajaran kooperatif yang cukup menarik untuk diteliti salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan JIGSAW. Pembelajaran kooperatif ini merupakan strategi belajar dimana siswa atau peserta didik, belajar dalam kelompok kecil yang mempunyai tingkat kemampuan yang berbeda. Model pembelajaran ini menciptakan situasi yang mana keberhasilan individu masing - masing siswa dipacu oleh kelompok, kerjasama dan saling ketergantungan dalam struktur tugas, tujuan, dan penghargaan (hadiah) merupakan tuntutan dalam model pembelajaran ini.
Mencermati proses belajar mengajar dengan pendekatan ini memberikan peluang besar kepada setiap peserta didik untuk lebih aktif sehingga motivasi untuk belajar akan lebih meningkat, hal ini dapat berimplikasi pada hasil belajar akan diperolehnya setelah mengikuti proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil observasi awal dengan mencermati proses belajar mengajar di SMP Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) I UMI Makassar, yang mana dari hasil wawancara dari guru bidang studi matematika diperoleh informasi rendahnya hasil belajar matematika di sekolah tersebut khususnya kelas VII. Pernyataan ini diperkuat dengan rata-rata nilai matematika siswa kelas VII SMP LPP 1 UMI tahun ajaran 2004/2005. Semester I 6,12, semester II 6,31 dan tahun ajaran 2005/2006 semester I 6,22 Berdasarkan hal tersebut maka penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian dengan mengangkat judul “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa  SMP LPP 1 UMI Makassar melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe JIGSAW.“
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Fun Page

 
Support : Bisnis Online Mahasiswa | Muslim Yes | Download Skripsi
Copyright © 2013. Download Bank Skripsi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger