Home » , , » Analisa Strategi Pemasaran Produk Blife Investlink Syariah Di PT BNI Life Insurance Divisi Syariah

Analisa Strategi Pemasaran Produk Blife Investlink Syariah Di PT BNI Life Insurance Divisi Syariah

Written By Skripsi ku on Friday, 11 October 2013 | 19:55

Skripsi: Analisa Strategi Pemasaran Produk Blife Investlink Syariah Di PT BNI Life Insurance Divisi Syariah

Bab 1-5 >> Ok Lengkap




Bisnis asuransi syariah di indonesia sampai awal tahun 2010 ini cenderung makin membaik. asuransi syariah di indonesia masih dinilai relatif muda, namun perkembangannya cukup besar, walaupun pertambahan market sharenya dalam industri asuransi nasional lamban tetapi presentase pertumbuhannya cukup mengesankan.
Asuransi syariah dikenal di Indonesia 16 tahun yang lalu dan menjadi trand baru 8 tahun belakangan. Perkembangan asuransi syariah di Indonesia diawali dengan kelahiran asuransi syariah pertama di Indonesia pada tahun 1994, yaitu PT Syarikat Tafakul Indonesia. Berdasarkan data Bapepam Lembaga Keuangan, pangsa pasar asuransi syariah per 30 september 2009 mencapai 1,54%. Hal itu karena assetnya baru mencapai Rp. 2.5 Triliun dibandingkan dengan total asuransi konvensional yang mencapai 169,16 triliun.
Pada saat ini, kebutuhan akan jasa asuransi semakin dirasakan, baik oleh perseorangan maupun dunia usaha di Indonesia. Asuransi merupakan sarana finansial dalam tata kehidupan rumah tangga, baik dalam menghadapi resiko yang mendasar seperti resiko kematian, atau dalam menghadapi resiko atas harta benda yang dimiliki. Demikian pula, dunia usaha dalam menjalankan kegiatan menghadapi berbagai resiko yang mungkin dapat mengganggu kesinambungan usahanya.

Kondisi persaingan di industri asuransi jiwa semakin kompetitif di indonesia. Beberapa perusahaan asuransi melakukan ekspansinya di Indonesia. Banyak perusahaan asuransi yang tadinya konvensional membuka cabang syariah, dikarenakan mereka melihat peluang bisnis dari sistem syariah akan berkembang pesat. Masing-masing perusahaan berlomba-lomba untuk mengajukan kehebatannya untuk meraih market share di Indonesia.

Pada saat ini, perusahaan asuransi jiwa mempunyai peluang yang sangat besar untuk terus berkembang. salah satu yang banyak diminati oleh masyarakat adalah produk asuransi berbasis investasi atau unit link. dimana dengan menjadi nasabah produk unit link, seorang bisa mendapatkan manfaat ganda yaitu perlindungan asuransi dan investasi.

Data asosiasi asuransi jiwa indonesia (AAJI) menyebutkan, penjualan unit link pada tahun 2005 mencapai Rp. 4,8 triliun untuk premi baru dan 1,2 triliun untuk premi terusan. Pada 2006 jumlah premi baru unit link naik menjadi Rp. 4,6 triliun dan Rp 2,1 triliun untuk terusan, sepanjang tahun 2007 penjualan unit link terus naik menjadi 13,8 triliun untuk premi baru dan Rp 4,1 triliun premi terusan. Pada tahun 2008 penjualan unit link baru naik lagi menjadi RP 13,9 triliun dan Rp 6,7 triliun premi terusan. Dan pada awal tahun 2009, penualan kembali meningkat setelah masyarakat menunggu perkembangan krisi keuangan global. Saat investasi membaik pada pertengahan tahun 2009 banyak peserta asuransi yang sudah mengalihkan portofoloinya ke produk unit link.

Banyak perusahaan-perusahaan asuransi syariah yang mengembangkan produk unit link, salah satunya yaitu PT. BNI Life insurance devisi syariah yang juga mengeluarkan produk unit link bersama Blife Inveslink syariah diluncurkan sejak juli 2007. Blife investlink syariah merupakan program asuransi dengan investasi yang dikelola sesuai syariah yang bertujuan memberikan hasil investasi optimal sesuai jenis investasi yang nasabah pilih dan bersih dari unsur maysir, gharar, dan riba.

Blife InvesLink syariah memberikan manfaat sebesar uang asuransi berserta nilai investasi jika tertanggung mengalami musibah meninggal dunia sebelum masa asuransi berakhir dan memberikan manfaat sebesar nilai investasi jika tertanggung hidup pada akhir kontrak asuransi.








Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Fun Page

 
Support : Bisnis Online Mahasiswa | Muslim Yes | Download Skripsi
Copyright © 2013. Download Bank Skripsi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger