Skripsi: Implementasi Assesmen Portofolio untuk Meningkatkan Pembelajaran
Matematika Siswa Kelas I Tekstil SMK Negeri 2 Somba Opu Sungguminasa.
Nurwati Bani, 2005. Implementasi Assesmen Portofolio untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas I Tekstil SMK Negeri 2 Somba Opu Sungguminasa. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran dan mendeskripsikan perubahan sikap serta kemajuan kemampuan siswa melalui penerapan assesmen portofolio. Subjek penelitian adalah siswa kelas I Tekstil SMK Negeri 2 Somba Opu Sungguminasa tahun pelajaran 2004/2005 sebanyak 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, portofolio, dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang dicapai setelah menerapkan assesmen portofolio yaitu : (1) siklus I diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,4 dari skor ideal 10 dengan standar deviasi 1,3 sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6,7 dari skor ideal 10 dengan standar deviasi 1,2; (2) skor rata-rata hasil portofolio sebesar 7,1 dari skor ideal 10 dengan standar deviasi 1,0; (3) terjadi perubahan sikap siswa. (4) terjadi kemajuan tingkat kemampuan siswa. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan assesmen portofolio dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran matematika siswa kelas I Tekstil SMK Negeri 2 Somba Opu Sungguminasa.
Nurwati Bani, 2005. Implementasi Assesmen Portofolio untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas I Tekstil SMK Negeri 2 Somba Opu Sungguminasa. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran dan mendeskripsikan perubahan sikap serta kemajuan kemampuan siswa melalui penerapan assesmen portofolio. Subjek penelitian adalah siswa kelas I Tekstil SMK Negeri 2 Somba Opu Sungguminasa tahun pelajaran 2004/2005 sebanyak 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, portofolio, dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang dicapai setelah menerapkan assesmen portofolio yaitu : (1) siklus I diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,4 dari skor ideal 10 dengan standar deviasi 1,3 sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6,7 dari skor ideal 10 dengan standar deviasi 1,2; (2) skor rata-rata hasil portofolio sebesar 7,1 dari skor ideal 10 dengan standar deviasi 1,0; (3) terjadi perubahan sikap siswa. (4) terjadi kemajuan tingkat kemampuan siswa. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan assesmen portofolio dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran matematika siswa kelas I Tekstil SMK Negeri 2 Somba Opu Sungguminasa.
0 comments:
Post a Comment